Penumpang KM Taman Wisata Berhasil Dievakuasi

Penumpang KM Taman Wisata Berhasil Dievakuasi

WAKATOBI_PIKIRANSULTRA.COM-Kecelakaan kapal KM Taman Wisata GT 109 mengalami mati mesin disekitar perairan Wanci Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis, (24/03/2022). Kapal yang bertolak sekitar pukul 14.00 wita dari Kaledupa menuju Kota Kendari mengalami mati mesin pada pukul 15.20 wita akibat mesin selang pompa oli gearbox pecah dan mengalami kebocoran.

Anak buah kapal (ABK) sudah berupaya melakukan perbaikan namun tak membuahkan hasil. Posisi kapal yang terombang-ambing diperairan Wanci membuat beberapa penumpang panik. Sehingga salah satu ABK menghubungi pemilik kapal untuk menghubungi Basarnas guna mendapatkan pertolongan.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan laporan, sekitar pukul 18.05 wita, tim rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju last known position (LKP) menggunakan rigid inflatable boat (RIB) untuk memberikan bantuan SAR dengan jarak tempuh LKP dengan tempat sandar RIB sekitar 10 NM. Kondisi cuaca hujan ringan dengan tinggi gelombang capai 0,5-1,25 meter dengan kecepatan angin 2-10 knot,”ujar Wahyudi, Humas Basarnas Kendari.

Untungnya dalam insiden itu, ABK dan penumpang tak ada korban jiwa. Sebab, sekitar pukul 19.01 wita tim SAR gabungan menemukan KM Taman Wisata sekitar 2,87 NM dari LKP. 12 orang penumpang dan 1 orang ABK kapal, Harsiwanuddin dievakuasi menuju pelabuhan marina Wanci.

Sementara 6 orang ABK memilih bertahan dikapal menunggu bantuan dari pemilik kapal yang akan datang membawa pengganti alat yang rusak. “Setibanya 12 orang penumpang dan 1 orang ABK kapal di pelabuhan Marina Wanci dalam keadaan selamat. Ops SAR terhadap KM Taman Wisata dinyatakan selesai dan ditutup,”pungkasnya. (Int)

Pos terkait