Disdukcapil Kolut Paling Inovatif di Sultra

PIKIRANSULTRA.COM_Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka Utara didaulat sebagai “Dukcapil Paling Inovatif” di Sulawesi Tenggara tahun ini. Penghargaan itu diserahkan langsung Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI, Prof. Zudan Arif Fakhrullah dalam acara rakor Dukcapil se-Sultra yang berlangsung di Wakatobi, Senin, (15/11/2021).

Prof. Zudan berpesan kepada capil yang memperoleh penghargaan agar terus berkarya dan berinovasi. Sebab, langkah tersebut imbasnya pada kemudahan pelayanan bagi masyarakat serta mendorong peningkatan kinerja di lingkup instansi itu sendiri. “Inovasinya dilanjutkan dan teruslah berkarya,” pesan Prof. Zudan.

Kadis Capil Kolut, Buhari memaparkan, pemberian penghargaan tersebut merupakan kali pertama dilakukan di lingkup Sultra. Ada 6 poin inovasi yang berjalan di instansinya hingga dilabeli sebagai “Capil Paling Inovatif” versi 2021. “Pertimbangan lainnya karena 2 kali tampil di ivent nasional,” katanya.

6 inovasi program Disdukcapil Kolut antara lain berupa layanan off line di kantor (sabtu, minggu dan hari libur nasional) dan pelayanan online dokumen cukup dari rumah. Empat lainnya yakni layanan dokumen terintegrasi, Jemput bola, kurir antar dokumen ke rumah (gratis) dan cetak dokumen di kantor desa.

Sementara itu terkait dua kali tampil di level nasional yang dimaksud Buhari yaitu mengenai program Si LAKU. Layanan ini gratis antar dokumen adminduk ke rumah warga yang mana instansi tersebut membangun bekerjasama dengan jasa kurir. Hal ini selain dirasakan mudah dan gratis oleh masyarakat juga mendorong pemberdayaan pelaku ekonomi kerakyatan kepada pekerja jasa kurir terkait. “Perangkat desa juga terberdayakan karena masyarakat bisa mengurus di kantor desanya masing-masing. Terimah kasih kepada Pemda dan DPRD Kolut atas dukungan hingga program ini berjalan dengan baik,” tutupnya.

Selain Dukcapil Kolut, terdapat dua kabupaten lainnya yang juga mendapat penghargaan. Keduanya yakni Wakatobi kategori pelayanan terbaik dan Bombana diakui sebagai instansi berkinerja terbaik. Uniknya, tiga daerah tersebut mekar bersamaan pada 2003 silam sebagai kabupaten defenitif. (Her)

Pos terkait