Sopir Merokok dan Main Hp Penyebab Mobil Bermuatan 15 Jeriken Pertalite Terbakar di SPBU Patowonua

Sopir Merokok dan Main Hp Penyebab Mobil Bermuatan 15 Jeriken Pertalite Terbakar di SPBU Patowonua

LASUSUA- Sopir merokok sembari bermain handphone menjadi penyebab mobil Toyota Avanza merah dengan Nomor Polisi (Nopol) DP 1143 TD terbakar di dalam area SPBU Desa Patowonua, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada pukul 09.00 Wita, Rabu (10/10/2024).

Akibatnya, sopir kendaraan asal Dusun I Desa Pasampang, Kecamatan Pakue Tengah, Kolut bernama Arul Zhalam Yusuf (28) tersebut harus dilarikan ke RSUD Djafar Harun akibat luka bakar yang serius hampir di sekujur tubuhnya.

Kasi Humas Polres Kolut, Aiptu Arif Afandi mengungkapkan jika 15 jeriken dalam kendaraan yang terbakar diisi di SPBU Patowonua. Hal itu berdasarkan keterangan beberapa orang saksi dan diakui petugas SPBU yang melakukan pengisian bernama Gusni (34).

“Masuk SPBU pukul 08.45 Wita untuk mengisi pertalite tetapi bukan pada tangki mobilnya tetapi pada 15 jeriken yang ada dalam kendaraan,” bebernya.

Namun ditempat pompa pengisian Gusni, hanya 12 jeriken yang diisi. Arul kemudian kembali melakukan pengisian di jalur sebelahnya sebanyak 3 jeriken hingga total terisi sebanyak 15 jeriken.

Pihak petugas pengisian dikatakan hanya mencatat secara manual Nopol kendaraan dan tidak menggunakan barcode. Kendaraan pun selanjutnya beranjak meninggalkan tempat pengisian dan berhenti masih di dalam area SPBU.

“Terlihat oleh petugas SPBU jika sopir sementara merokok dan sambil menelpon. Ledakan tiba-tiba terjadi pada bagian jok depan yang diikuti semburan api,”paparnya.

Saat itu sopir langsung berlari keluar kendaaan dan dua orang petugas yang ada di lokasi lrkas menetralkan persineling mobil dan mendorongnya keluar ke jalan. Seluruh badan dan isi mobil dikemulakan hangus yang diikuti rangkaian suara ledakan.

“Pemadaman oleh petugas damkar berlangsung sekitar 30 menit. Sopir masih dirawat dan total kerugian ditaksir Rp.200.000.000,” tutupnya.

Pos terkait