Spesialis Pembobol Kotak Amal Masjid Yang Kerap Beraksi di Koltim dan Kolaka Diringkus Polisi

Spesialis Pembobol Kotak Amal Masjid Yang Kerap Beraksi di Koltim dan Kolaka Diringkus Polisi

TIRAWUTA, Spesialis pencuri isi kotak amal masjid yang meresahkan warga Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya diringkus polisi, Selasa (25/6/2024). Pelaku dibekuk pada pukul 16.00 Wita di Kolaka usai beraksi di tujuh lokasi terpisah.

Ps Kasi Humas Polres Koltim, Iptu M Rofii menjelaskan pelaku diketahui bernama Andika bin Amir Simboli. Ia merupakan warga Kecamatan Loya, Koltim.
Ia telah melakukan pembobolan kotak amal pada 5 masjid di Kolaka dan 2 lainnya di Koltim. “Di Kolaka, ia menginap di kamar salah satu hotel di Kecamatan Pomalaa,” bebernya.
Dijelaskan, pelaku beberapa kali terekam CCTV masjid sasarannya dengan menggunakan sepeda motor berbeda seorang diri. Kedua kendaraan itu merek Yamaha Mio M3 kuning dan Suzuki Thunder hitam yang kini sedang dicari jajaran Satreskrim Polres Koltim.
Salah satu lokasi Andika beraksi yakni di Masjid Madskur Al-Aminah, Desa Tawainalu, Kecamatan Tirawuta, Koltim pada 23 Juni 2024. Kotak amal ludes dikuras dengan cara dicongkel menggunakan obeng.
Peristiwa itu baru diketahui disaat seorang jamaah bernama Samsudin  sedang menyapu lantai masjid sebelum menunaikan shalat Magrib. Duit senilai Rp.300 Ribu dalam kotak ludes hingga melapor ke imam masjid.
“Terpantau CCTV pada pukul 13.48 Wita dan mengendarai motor thunder. Pelaku ini diduga keliling dari masjid ke masjid untuk memantau dan beraksi di saat suasana sepi,” ujarnya.
Usai mengantongi identitas dan mendeteksi keberadaan pelaku, Tim Rajawali Resmob Polres Koltim segera berkordinasi dengan Polsek Kolaka hingga berhasil dibekuk di Pantai Kakao disaat sedang bersantai.
“Andika telah diamankan di Polsek Kolaka dan dikenakan Pasal 363 KUHP terkait tindak pidana pencurian dengan pemberatan,” tutupnya.

Pos terkait