TPP ASN Kolut Cair Paling Lambat Pekan Depan

TPP ASN Kolut Cair Paling Lambat Pekan Depan

PIKIRANSULTRA.COM_LASUSUA_Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) pegawai di lingkup Pemerintah Daerah Kolaka Utara bakal dicairkan paling lambat awal pekan depan. Menteri Dalam Negeri dikabarkan telah menandatangani surat persetujuan pencairan dana tersebut guna dikucurkan langsung ke rekening penerimah.

Sekda Kolut, Taupiq S mengatakan, tidak ada niatan pemerintah untuk menunda pembayaran TPP para ASN. Keterlambatan tersebut lebih kepada adanya mekanisme baru setelah penetapan APBD-P dilakukan. “Kabarnya surat rekomendasi telah ditandatangni. Tunggu 1-2 hari mngkin telah cair ke rekening masing-masing,” katanya, Kamis (18/11/2021).

Diterangkan sekda, awalnya Mendagri telah menyurati pemda sebelum penetapan APBD-P beberapa waktu lalu. Hal itu terkait mekanisme pencairan TPP semester II yang mengharuskan perlu persetujuan dari pusat. “Waktu itu tidak langsung kami tanggapi dan nanti selesai penetapan baru mengirim surat ke Mendagri,” tuturnya.

Akan tetapi, setelah surat dikirim, rupanya masih ada persyaratan yang minta dipenuhi lagi berupa surat pernyataan ketersediaan dana pembayaran insentif nakes daerah. Awal pekan lalu kembali disiapkan dan berhasil terkirim esok harinya. “Konfirmasi terakhir surat rekomendasi sudah ditandatangani. Jadi tinggal tunggu saja masuk rekening. Paling lambat Senin,” ujarnya.

Sebelumnya, Taupiq membenarkan jika telah ada ASN yang sempat dicairkan TPP-nya yakni di Kecamatan Ngapa. Mereka melakukan pengurusan lebih dini sebelum pemda menerimah surat dari Mendagri.

Ia sendiri mengaku tidak mengetahui hal itu. Hal inilah yang kemudian mengundang suara-suara sumbang diantara para ASN karena dianggapnya pemda sengaja menunda-nunda pencairan TPP mereka. “Bukan unsur kesengajaan. Dalam kondisi apapun pemda akan bekerja maksimal meski kondisi keuangan terbatas. Saya harap semua pihak harus memaklumi,” tutupnya. (Her)

Pos terkait