Kakao Kolut Diekspor ke Cina, Pj Bupati Apresiasi Program Pengembangan Kawasan Kakao

Kakao Kolut Diekspor ke Cina, Pj Bupati Apresiasi Program Pengembangan Kawasan Kakao

LASUSUA-Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto bersama Pj Bupati Kolaka Utara (Kolut) Sukanto Toding telah melepas ekspor kakao fermentasi 2024 hasil panen petani di daerah tersebut pada Rabu (10/1). Di sisi lain, Dinas Perkebunan dan Peternakan setempat juga menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk mendorong perkembangan kakao berkelanjutan.

Pj Gubernur Sultra mengaku terkesan dengan inisiatif usaha yang diambil putra daerah Kolut yakni Rusling melalui PT. Afnan Syariah karena berhasil menjual produk kakao lokal ke pasar internasional.

“Suatu kebanggaan untuk kita semua, semoga kedepan ini dapat menginspirasi anak muda lainnya,” kata Pj Gubernur.

Berdasarkan keterangan dari Dinas Perkebunan setempat, komoditi kakao fermentasi telah diekspor sejak 2022 ke berbagai negara maju semisal Australia, Amerika Latin dan Cina.

“Ekspor komoditi kakao Kolut yang di lepas semoga dapat meningkatkan dan memotivasi perekonomian Sultra khususnya Kolut,” tutupnya.Kakao Kolut Diekspor ke Cina, Pj Bupati Apresiasi Program Pengembangan Kawasan Kakao

Terkait FGD bertajuk “Masa depan dan pengembangan kakao Kolut”, Pj Bupati, Sukanto Toding mengapresiasi Dinas Perkebunan dan Peternakan dalam mengoptimalkan program pengembangan kawasan perkebunan berbasis koperasi petani.

FGD diharapkan menjadi wadah untuk diskusi tentang pengembangan produksi dan produktivitas kakao sebagai bagian dari industri ekonomi kreatif serta akses pembiayaan kredit bagi petani.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Ismail Mustafa memaparkan tantangan yang dihadapi petani saat ini seperti rendahnya produktivitas yang masih di bawah 2 ton per hektar. Generasi muda kurang terlibat dalam pertanian juga menjadi tantangan serta issu lingkungan dan persoalan pembiayaan.

Melalui FGD, masalah-masalah tersebut diutarakan, dicarikan jalam keluarnya serta bergeak bersama dalam mendorong kesuksesan program pengembangan itu sendiri. Pihaknya komitmen dan terus berupaya agar kakao Kolut terus dikembangkan serta mendorong peningkatan produksi dan perluasan jangkauan pangsa pasar baik di tingkat nasional dan mancanegara.

Pos terkait