45 UPZ Kolut Dilantik, Pj Bupati Ajak Anggota Dewan Salurkan Zakat di Baznas

45 UPZ Kolut Dilantik, Pj Bupati Ajak Anggota Dewan Salurkan Zakat di Baznas

LASUSUA- Sebanyak 45 orang dilantik sebagai pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kabupaten Kolaka Utara pada, Rabu (15/5/2024). Melalui kesempatan tersebut, Pj Bupati Sukanto Toding mengajak para anggota DPRD setempat menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

“Pemda berupaya memaksimalkan potensi pertumbuhan ekonomi agar tidak tertinggal dari daerah lain serta mengurangi kemiskinan dan stunting. Saya juga mengajak anggota DPRD Kolut agar menyalurkan zakatnya melalui Baznas,” ujarnya.

Sukanto juga menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus UPZ yang baru dilantik. Ia menjelaskan pentingnya zakat, infaq, dan sedekah yang menjadi instrumen penting untuk pendanaan umat Islam dan menopang anggaran negara.

Optimalisasi distribusi dan fungsi penganggaran publik sangatlah penting hingga ia mengajak para UPZ juga membantu UMKM agar perekonomian masyarakat meningkat dan penerima zakat bisa berubah menjadi pemberi zakat.

Ia menyarankan Baznas sebaiknya menggunakan metode pendistribusian langsung sehingga dampaknya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, masjid di setiap desa dijadikan baitul maal, tempat untuk mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.

Wakil Ketua 1 Baznas Kolut, KM. Muh. Tang mengatakan 45 UPZ terbagi masing-masing 3 orang dari 15 Kecamatan yang ada.

Pos terkait