Dinas Perpustakaan Konut Dorong Minat Baca Warga

Dinas Perpustakaan Konut Dorong Minat Baca Warga

WANGGUDU_PIKIRANSULTRA.COM-Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konawe Utara terus mendorong pelajar dan warga Konut untuk meningkatkan minat baca. Dengan membaca diklaim cakrawala berpikir seseorang akan mengalami peningkatan pengetahuan. Olehnya itu, Dinas Perpustakaan terus membenahi dan menyiapkan fasilitas perpustakaan untuk kalangan pelajar, mahasiswa dan warga.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Konut, Sairham mengatakan keinginan pelajar membaca buku pada dinas yang dipimpinnya sangat diapresiasi. Setiap hari terdapat dari kalangan pelajar yang berkunjung membaca buku maupun dengan meminjam buku bacaan yang dimiliki Dinas Perpustakaan.

Bacaan Lainnya

“Ini yang terus kita edukasi dan mendorong pada warga maupun pelajar agar senantiasa memanfaatkan fasilitas yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah. Agar generasi muda Konut memiliki cakrawala yang luas dengan membaca buku,”ujar mantan Sekretaris DPRD Konut.

Untuk meningkatkan gairah dan minat baca warga Konut secara keseluruhan, Dinas Perpustakaan telah menyiapkan satu unit kendaraan operasional berupa Mobil Unit Perpustakaan Keliling (MUPK) yang peruntukannya melayani masyarakat Konut yang ingin menyalurkan hobi membaca berbagai varian buku yang telah disiapkan.

“Mobil perpustakaan keliling yang dimiliki ada satu unit. Ini yang digunakan untuk keliling diwilayah Kabupaten Konawe Utara,”sambungnya.

Sairham menjelaskan mobil perpustakaan keliling tersebut telah dilengkapi dengan rak buku yang dapat diisi 800-1000 jenis buku. Jenis buku yang dimiliki Dinas Perpustakaan cukup bervariasi, mulai dari buku pelajaran dari berbagai tingkatan, novel, pengetahuan dan sains hingga buku tesis penelitian dan beragam judul buku lainnya.

“Kami terus mengedukasi warga maupun pelajar agar senantiasa meluangkan waktunya luangnya dengan membaca. Dengan kebiasaan itu, akan melahirkan generasi yang melek membaca. Itu yang menjadi sasaran kami,”pungkasnya. (Iqr)

Pos terkait