Kurangi Resiko Kecelakaan, PT IBM Tegakan K3 pada Karyawan

Kurangi Resiko Kecelakaan, PT IBM Tegakan K3 pada Karyawan

WANGGUDU_PT Indra Bhakti Mustika (IBM), salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan di Konawe Utara komitmen menegakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) terhadap karyawan. Komitmen penerapan K3 dilingkungan karyawan menjadi upaya perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja.

Human Resource Development (HRD) PT IBM, Verdi menuturkan penerapan K3 dilingkungan kerja menjadi pondasi terpenting dalam memberikan rasa aman dan nyaman terhadap karyawan. “Penerapan K3 itu sangat penting, karena berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan karyawan,”ujar Verdi, Jumat, (11/10/2024).

Bacaan Lainnya

Terkait adanya sorotan yang menyudutkan PT IBM yang tidak menerapkan norma K3, ditanggapi datar oleh HRD PT IBMI. Menurutnya, tudingan tersebut adalah sebuah fitnah tanpa dasar yang kuat. Setiap perubahan dilapangan, entah jalan disite akan ada informasi terupdate yang disampaikan pada karyawan yang baru selesai masa cutinya.

“Adanya pemberitaan yang menuding tak menerapkan K3, itu fitnah. Karena setiap ada perubahan disite pasti ada informasi yang disampaikan. Misalnya, karyawan yang pulang habis cuti, pasti tidak tau jika ada perubahan, seperti kondisi jalan disite. Jadi, kalau dibilang tidak menerapkan K3, itu salah besar,”ujarnya.

Verdi mengatakan terdapat dua hal yang harus disikapi dengan adanya informasi yang menyudutkan PT IBM. Yang pertama, perusahaan sangat konsisten menerapkan norma K3. Kedua, terkait dengan perusahaan yang tidak memprioritaskan korban, dinilai tidak benar adanya.

“Korban itu diurus oleh perusahaan, mulai pengobatan hingga karyawan bersangkutan benar-benar pulih. Dari hasil pemeriksaan kesehatannya, korban yang dinyatakan sehat kembali bekerja sedia kalah, itu ditunjukan dengan absensi, ini dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggungjawab moral dan moril terhadap karyawan,”ujarnya. (redaksi)

Pos terkait